LAPORAN AKHIR KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 - BAB 4 dan DAFTAR PUSTAKA

BAB IV

PENUTUP

A. Kesimpulan

Hal yang dapat saya simpulkan dari program kegiatan Kampus Mengajar ini adalah bahwa program ini sangat membantu seimbangnya pendidikan Indonesia khususnya di sekolah dasar terlebih setelah berubahnya sistem pendidikan setelah masa pandemi dimana kini pembelajaran di semua mata pelajaran lebih berfokus literasi dan numerasi dan pengadaptasian teknologi. Dengan adanya program ini, guru dan siswa terbantu oleh kehadiran mahasiswa dan mahasiswa, khususnya yang menjadi calon guru pun dapat mengasah kemampuannya baik dari soft skills maupun hard skillsnya dalam membangun kesiapan menghadapi sistem pendidikan di masa yang akan datang. Mahasiswa dapat mengasah jiwa kepempimpinan dan karakter, percaya dirim serta mempunyai pengalaman mengajar, mendampingi siswa dan berkolaborasi dengan guru di Sekolah Dasar Negeri Cibangbay. Dan dengan kehadiran mahasiswa Kampus Mengajar, guru-guru di SDN Cibangbay berpendapat bahwa adanya peningkatan efektivitas proses pembelajaran di Sekolah meskipun dalam kondisi masa pandemi.

B. Saran

Saran saya semoga program ini terus berjalan berkelanjutan dan kedepannya menjadi semakin lebih baik sehingga banyak sekolah, guru, siswa, dan mahasiswa yang dapat merasakan begitu banyaknya kebermanfaatan dalam program kegiatan ini.



 

DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, Hana Yunansah. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta : Bumi Aksara.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93-103.

UUSPN NO.20 TAHUN 2013 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.




Klik untuk ke BAB 1 -> BAB 1

Klik untuk ke BAB 2 -> BAB 2

Klik untuk ke BAB 3 -> BAB 3



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post