BAB II
ANALISIS SITUASI DAN PERENCANAAN
PROGRAM
A. Analisis
Situasi
Sekolah yang menjadi tempat pengabdian kami
memiliki akreditasi B yaitu SDN Cibangbay yang bertempat di
Jalan Sukasari Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya Provinsi
Jawa Barat. Sebelum terjun langsung, kami terlebih dahulu melakukan analisis
kebutuhan di sekolah dengan tujuan agar kami bisa memperoleh gambaran mengenai
proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah dan mengenai kelengkapan sarana
dan prasarana yang menunjang proses pembelajarannya sehingga kami bisa
mempersiapkan lebih baik mengenai rencana untuk kedepannya.
Berdasarkan
analisis kebutuhan yang kami temukan, sekolah tersebut bertempat di lokasi yang
agak jauh dari perkotaan. Kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran
sehari-hari yaitu kurikulum 2013 dengan jumlah siswa sebanyak 240 orang yang
setiap kelas dibagi menjadi 2 rombel yakni rombel A dan rombel B. Di
sekolah tersebut terdapat 6 ruang kelas, 1 kantor sekaligus ruang guru, 1 ruang
kepala sekolah, 1 toilet guru dan 1 toilet siswa. Selain itu terdapat pula
ruang UKS, perpustakaan dan ruang baca.
Pada
umumnya Sekolah Dasar memiliki berbagai kegiatan non akademik seperti kegiatan
ekstrakurikuler. Sama halnya dengan SDN Cibangbay yang memiliki ekstrakurikuler
yaitu Pramukai dan menjadi organisasi yang wajib diikuti oleh semua siswa yang
ada di sekolah tersebut dan ada juga ekstrakurikuler olahraga voli. Namun
semenjak pandemi, seluruh kegiatan ekstrakurikuler ini tidak lagi bisa dijalankan
dan proses pembelajaran harus dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran daring
sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak sekolah.
B.
Rencana Program dan Kegiatan
Dalam
merancang program kegiatan, kami memiliki 3 poin kegiatan yang menjadi tanggung
jawab dalam membantu kegiatan belajar, yaitu membantu mengajar (mendampingi
siswa, melakukan penguatan literasi numerasi), membantu adaptasi teknologi dan
membantu administrasi sekolah. Adapun penjelasan dari masing-masing kegiatan
tersebut yakni sebagai berikut :
1. 1. Kegiatan
Mengajar
a.
Membantu guru dalam melakukan pembelajaran
daring dan luring.
b.
Mendampingi siswa dalam menghadapi
kesulitan saat proses pembelajaran.
c.
Menerapkan pembelajaran berbasis
literasi dan numerasi di Sekolah Dasar.
d.
Menjadi duta perubahan perilaku dan membawa
perubahan bagi guru dan siswa dalam pembelajaran ke arah yang lebih baik.
e.
Memperbaiki karakter siswa dan
meningkatkan minat siswa untuk belajar.
2. 2. Membantu
adaptasi teknologi
a.
Membantu guru dan siswa melek akan
perkembangan teknologi.
b.
Membantu menerapkan sistem pembelajaran
4.0 yang berbasis pemanfaatan kemajuan teknologi.
3. 3. Membantu administrasi
Melengkapi perangkat pembelajaran yang meliputi RPP,
bahan ajar, materi ajar, media pembelajaran, instrumen penilaian, daftar hadir
siswa dan bahan evaluasi siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar