LAPORAN AKHIR KAMPUS MENGAJAR ANGAKATAN 2 - BAB 3

BAB III

PERSIAPAN, PELAKSANAAN, DAN ANALISIS HASIL


A. Persiapan

1. Pembekalan

Persiapan program Kampus Mengajar setelah lolos diterima yaitu kami mengikuti pembekalan selama 7 hari di akhir bulan Juli. Materi pembekalan yang diberikan yaitu meliputi : Implementasi Metode Paikem, Membangun Budaya Inklusi, Mengenal Pedagogi Sekolah, Bimbingan Teknis Modul Literasi Numerasi, Panduan Menjalankan Aplikasi AKSI, Mengenal Beberapa Platform Belajar Literasi, Bagaimana Membuat Asesmen Awal Mendiagnosa Siswa, Mengetahui Materi Aplikasi Asesmen AKSI, Tutorial AKSI, Mengenal Konsep Pembelajaran Jarak Jauh, Strategi Kreatif Belajar Luring dan Daring, Penerapan Inovasi Pembelajaran di SD, Mengenal Etika dan Komunikasi, Mengenal Kearifan Lokal dan Kebhinekaan, Mengenal Tahap Perkembangan Anak SD, Bagaimana Menjadi Duta Perubahan Perilaku, Pedoman 3M, Pedoman Perubahan Perilaku, Mengenal Tantangan Penyelenggaraan Pendidikan, Mengenal Perlindungan Anak, dan terakhir materi mengenai Mengenal Profil Pelajar Pancasila. Setelah melakukan pembekalan, kemudian kami diberikan surat tugas dari KEMENDIKBUD dan Perguruan Tinggi ditujukan kepada kepala Dinas Kota Tasikmalaya, untuk meminta dikeluarkannya surat tugas yang ditujukan ke Sekolah Dasar Negeri yang sudah terpilih yaitu SDN Cibangbay.

2. Penerjunan

Pada proses penerjunan mahasiswa, setelah kami mendapatkan surat tugas dari KEMENDIKBUD dan Perguruan Tinggi, kami dituju untuk ke Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya untuk mendapatkan surat tugas sekaligus pemberitahuan resmi kepada sekolah yang terpilih. Setelah pelaksanaan peresmian di Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, kami diantar langsung secara hormat oleh DPL kami ke sekolah tujuan untuk meminta izin dapat bertugas melakukan pengabdian di SDN Cibangbay selama 5 bulan lamanya,

3. Observasi

Selepas penerjunan langsung ke sekolah secara resmi dan mendapatkan izin untuk mengabdi sebagai mahasiswa Kampus Mengajar, kami terlebih dahulu melakukan kegiatan observasi. Observasi di sekolah meliputi :

a. Pengenalan lingkungan  sekolah  (lingkungan  fisik/sarpras, lingkungan sosial, iklim dan suasana akademik).  

b. Administrasi sekolah. 

c. Organisasi sekolah.   

d. Observasi proses pembelajaran meliputi:  Perangkat pembelajaran (kurikulum, silabus, RPP, dll) Metode pembelajaran, Pembelajaran tatap muka, Pembelajaran jarak jauh (Strategi pembelajaran daring, strategi pembelajaran luring, media dan sumber pembelajaran, penilaian).   

e. Identifikasi permasalahan, meliputi: pembelajaran, adaptasi teknologi, administrasi sekolah dan guru.  

B. Perencanaan Program

a. Penyusunan Rancangan Kegiatan

i. Menyusun rancangan kegiatan selama penugasan berdasarkan hasil observasi sekolah,  

ii. Mengkonsultasikan rancangan kegiatan pada Guru Pembimbing dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),   

iii. Meminta persetujuan rancangan kegiatan kepada DPL),   

iv. Melakukan penyusunan Laporan Awal di MBKM .  

b. Saat Penugasan, meliputi: 

i. Melakukan Kegiatan Harian  :

1. Mengisi logbook harian di aplikasi MBKM.

2. Mengisi rekap kegiatan harian di aplikasi MBKM.

ii. Kegiatan Mingguan yaitu membuat laporan mingguan dan melakukan refleksi mingguan secara daring dengan membaca dan menindaklanjuti tanggapan DPL terhadap laporan mingguan melalui Aplikasi MBKM.  

c. Akhir Penugasan, meliputi :

i. Mengisi asesmen mandiri.

ii. Meminta asesmen teman sejawat.  

iii. Mengisi asesmen teman sejawat. 

iv. Mengkonfirmasi pengisian hasil asesmen yang dilakukan oleh guru pembimbing.

v. Menyusun laporan akhir kegiatan Kampus Mengajar.  

Setelah observasi di sekolah, kemudiann ditemukan beberapa kendala dan permasalahan yang terdapat di SDN Cibangbay yang berkaitan dengan lingkungan dan pembelajarannya. Untuk meminimalisir permasalahan tersebut, kemudian akan disusun perencanaan program dan kegiatan yang dilakukan di SDN Cibangbay.  

C. Pelaksanaan Program

Setelah observasi dan penyusunan perencanaan program, dilanjutkan dengan pelaksanaan program kegiatan yang dilaksanakan di SDN Cibangbay, yaitu meliputi : 

1. Mengajar

Pada kegiatan mengajar, saya khususnya selalu ditunjuk oleh guru kelas untuk dapat menggantikannya mengajar di kelas 1, sehingga dalam seminggu itu 5 hari saya mengajar dan mendampingi siswa di kelas 1. Disamping kegiatan menggantikan guru mengajar, saya juga mendampingi siswa secara intensif dalam bimbingan Calistung dan penguatan literasi numerasi. Kegiatan ini  berkaitan dengan kegiatan membaca, menulis, dan berhitung lalu mengerjakan soal kuis. Kegiatan tersebut selalu rutin dilakukan di sela-sela pembelajaran di kelas ataupun di luar jam pembelajaran pada setiap hari Sabtu selama sekitar 1 setelah pembelajaran selesai. Selain daripada hal itu, setelah melihat bagaimana minat dan bakat siswa, dalam setiap minggunya saya selalu mengusahakan untuk mengadakan penguatan seni seperti melukis, menggambar, mewarnai, membuat karya dan penguatan sastra seperti membacakan dongeng dan puisi. 

Saat mengajar di kelas, saya selalu mencoba menerapkan 4 cara agar menghasilkan pendidikan yang berkualitas seperti yang saya dapatkan saat pembekalan dulu, yaitu berpikir kritis, berkolaborasi, berkreatifitas, dan berkomunikasi.

2. Membantu Adaptasi Teknologi

Pada pelaksanaan program kegiatan dalam membantu adaptasi teknologi, saya sudah memperkenalkan aplikasi yang direkomendasikan oleh KEMENDIKBUD yaitu salah satunya aplikasi AKSI, pada aplikasi ini tersedia bahan ajar, format penilaian dan adanya kegiatan evaluasi. Lalu saya juga mengadakan pelatihan penggunaan Microsoft Word pada kelas 4 dan 5 serta pengenalan Game Pembelajaran kepada kelas 6.

3. Membantu Administrasi Sekolah dan Guru

Dalam pelaksanaan membantu administrasi sekolah dan guru selalu disesuaikan dengan agenda sekolah. Beberapa program yang sudah dilakukan dalam membantu administrasi sekolah yaitu pengisian data absen siswa, daftar nilai siswa dan administrasi lainnya.

D. Analisis Hasil Pelaksanaan Program

Analisis hasil pelaksanaan program yang telah saya lakukan di SDN Cibangbay yaitu meliputi :  

1. Mengajar

Analisis hasil pelaksanaan dari kegiatan mengajar dan mendampingi siswa, setelah diamati dan dibandingkan dari sejak awal kami turun hingga kami meninggalkan sekolah, siswa yang saya damping yaitu khususnya kelas 1 menjadi hampir lebih dari 95% sudah mampu mengenal huruf dan sekitar 75% sudah lancar membaca dengan cermat, menulis dengan cepat dan berhitung dengan teliti. Terlebih dalam hal membantu upaya pembelajaran di kelas, kami telah melaksanakan kegiatan lain, diantaranya mengubah metode penyampaian pembelajaran, melakukan penguatan literasi numerasi, melakukan penguatan seni dan sastra, melakukan bimbingan intensif membaca menulis dan berhitung. Saya juga sempat membuat media pembelajaran seperti media pengenalan huruf, angka, bentuk dua dimensi dan media rumus matematika.   

2. Membantu Adaptasi Teknologi

Analisis hasil pelaksanaan kegiatan dalam membantu adaptasi teknologi, kami berusaha mengenalkan kepada para siswa khususnya siswa kelas tinggi sehingga mereka mengenal bagaimana perkembangan teknologi dan bagaimana pemanfaatannya untuk pembelajaran di sekolah maupun di rumah. Selama saya mengabdi di SDN Cibangbay, saya sudah berhasil mengenalkan pemanfaatan teknologi, pendampingan siswa dalam AKM, dan pengenalan aplikasi AKSI kepada siswa kelas 2, 4, 5, dan 6.

3. Membantu Administrasi Sekolah dan Guru

Analisis hasil dari pelaksanaan kegiatan dalam membantu administrasi sekolah dan guru, kami telah selesai dalam membantu membuat dokumen absen, daftar nilai, pembuatan RPP, pembuatan jadwal pelajaran dan regu kerja, penyusunan buku di perpustakaan, membuat ebook dan membantu menyusun nilai PTS siswa.   


Klik untuk ke BAB 1 -> BAB 1

Klik untuk ke BAB 2 -> BAB 2

Klik untuk ke BAB 4 dan Daftar Pustaka -> BAB 4 dan DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post