STUDI KASUS KAMPUS MENGAJAR MODUL LITERASI

STUDI KASUS MODUL LITERASI

Di bawah ini merupakan tugas studi kasus yang saya kerjakan saat menjadi mahasiswi kampus mengajar, apabila ingin menyalin, jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya dari sini ya.

Mahasiswa A ditugaskan ke sebuah SD yang berada di zona merah. Sekolah tersebut  masih menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). A membantu guru kelas dua di  sekolah tersebut yang mayoritas siswanya tidak memiliki akses ke internet atau gawai. Guru tersebut melaksanakan pembelajaran daring menggunakan buku pelajaran atau buku tematik melalui google classroom. Siswa yang tidak dapat mengakses internet diberi penugasan dari buku pelajaran atau buku tematik yang telah ditandai nomor halaman yang harus dikerjakan. Buku pelajaran ini diberikan kepada orang tua siswa yang diminta hadir seminggu sekali ke sekolah. 
Berikanlah tanggapan terhadap tiga pertanyaan ini.
1. Menurut Anda, apakah guru tersebut telah mengajar sesuai kompetensi siswa? 
Jawaban :  Iya karena guru tersebut sudah mengusahakan agar seluruh siswa tetap dapat mengikuti pembelajaran dengan cara menyesuaikan dengan apa yang bisa murid lakukan. Namun tetap saja, guru tersebut juga harus tetap melaksanakan asesmen dan evaluasi yang merata pada setiap kompetensi siswa. Untuk siswa yang belum memenuhi standar kompetensi atau belum memenuhi kompetensi tertentu, maka guru harus melakukan pendampingan dan penguatan kepada siswa tersebut hingga ia bisa mencapai kompetensi tersebut.

2. Apa yang seharusnya dilakukan oleh A?
Jawaban : A bisa membantu guru tersebut untuk mengatasi permasalahannya, membantu dalam mendampingi siswa yang kesulitan mengakses internet dalam pembelajaran daring. A juga bisa membantu guru dalam melakukan pendampingan kepada siswa yang belum memenuhi kompetensinya.

3. A membantu guru kelas dua tersebut mendampingi siswa yang tidak memiliki gawai dengan mengunjungi rumah siswa dan membantunya mengerjakan tugas dari buku pelajaran. Dari kunjungan tersebut, A mendapati bahwa siswa tersebut belum lancar membaca. A mengusulkan kepada guru agar siswa tersebut mendapatkan pelajaran membaca menggunakan Modul Literasi dari laman Kemendikbud. Namun guru berkeras bahwa siswa tersebut harus mendapatkan materi pelajaran yang sama dengan teman-teman sekelasnya. Menurut Anda, apakah usulan A tersebut benar? 
Bagaimana tanggapan Anda terhadap sikap guru tersebut?
Jawaban : Sudah benar, agar siswa tersebut tidak merasa keteteran dalam mengikuti pelajaran yang sama dengan teman-teman kelasnya, maka siswa tersebut haruslah dibantu terlebih dahulu di luar jam pelajaran, baik itu oleh mahasiswa ataupun oleh gurunya hingga siswa tersebut lancar membaca, agar nantinya siswa tersebut dapat mengikuti 
pelajaran dengan baik. 

Rahmasari, Utami Dewi. (2021). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post