Leksikologi sebagai Ilmu Bahasa Terapan


       Ilmu bahsa terapan berusaha menerapkan hasil penelitian ilmu bahasa teoritis untuk dimanfaatkan dalam bidang-bidang praktis yang hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung. Pendekatan ilmu bahasa digunakan untuk memecahkan persoalan-persoalan dalam bidang praktis yang banyak sangkut oautnya dengan bahasa.
Leksikografi adalah penerapan leksikologi, tetapi dengan kebebasan mengubah di sana sini. Dapat dikatakan bahwa leksikografi ialah pemakaian opotunistis prinsip-prinsip leksikologi, dengan pengertian bahwa meskipun prinsip-prinsip leksikologi harus dipertahankan dalam leksikografi, namun kadang-kadang I dalam penyusunan kamus terpaksa mengubah sedikit-sedikit demi alasan praktis bagi penyusunan kamus sebagai tugas-tugas praktis pula. Karena leksikografi mempunyai tuga khusus yang bersifat praktis, maka di antara hasil konkret yang akan diperoleh ialah kamus. Jadi, leksikografi berarti penulisan, deskripsi atau pencatatan kosa kata suatu bahas. Kosa kata harus dicatat selengkap-lengkapnya, sebaik mungkin dan sesempurnanya. Hasilnya lalu disusun dalam bentuk buku yang disebut kamus.
            Leksikologi merupakan suatu bidang yang sangat musykil (sukar) dalam kegiatan ilmu bahasa (Zgusa, 1971:15). Leksikograf harus mengetahui berbagai ilmu dalam rangka mendeskripsikan atau memberi makna kata. Disamping itu, terdapat beberapa alasan mengapa leksikografi merupakan suatu bidang yang sangat musykil dalam ilmu bahasa, yaitu sebagai berikut:
(1) Seorang leksikografer (ahli perkamusan) harus memiliki pengetahuan yang luas. Teori leksikografi bersangkut paut dengan semua bidang yang mempelajari sistem kata, seperti: semantic, leksikologi, tata bahasa, stilistika.
(2) Untuk menetapkan makna kata yang tepat, seorang leksikografer selalu menghadapi kesulitan. Makna kata akan didukung oleh bentuk kata. Tanpa bentuk tidak ada makna. Perubahan bentuk akan mengakibatkan perubahan makna. Kesatuan bentuk dan makna yang akan membuat bahasa berfungsi sebagai alat penghubung antar manusia.
(3) Tugas seorang leksikografer ialah tugas ilmuah, tetapi hasil karyanya harus disajikan kepada masyarakat dalam bentuk praktis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post