Leksikologi


Leksikologi
Secara etimologis, leksikologi berasal dari kata lexicon yang berarti kata atau kosa kata, dan logos yang berarti ilmu. Leksikologi mempelajari seluk beluk kata ialah mempelajari suatu pembendaharaan kata dalan suatu bahasa, mempelajari pemakaian kata serta artinya seperti dipakai oleh masyarakat pemakai bahasa.
Leksikologi mempelajari arti yang lebih kurang tetap yang terkandung dalan kata, yang lazin disebut leksikal (lexical meaning). Arti leksikal dan pemakaian kata tersebut dibicarakan dalam leksikologi misal rumah=berumah, “rumah” berarti bangunan untuk tempat tinggal dan “berumah” artinya mempunyai tempat tinggal. Sedangkan dalam morfologi dibicarakan perubahan bentuknya dari rumah enjadi berumah.
Leksikologi adalah ilmu mengenai leksikon yang satuannya disebut leksem. Leksikologi mengarah pada kata yang sudah jadi, baik yang terbentuk secara arbiter maupun yang terbentuk sebagai hasil proses morfologi. Salam hal simantik, leksikologi membicarakan makna leksikal dengan berbai aspek dan permasalahannya (Chaer, 2008:6).
Dalam leksikologi terdapat berbagai bagian dan subbagian, diantaranya sebagai berikut:
1. Leksikologi umum, yang mempelajari hukum umum pengembangan kosa kata dan fungsinya.
2. Leksikologi khusus, mempelajari kosa kata bahasa.
3. Leksikologi historis, mempelajari sejarah terjadinya kata-kata, cara pengisian kosa kata. 
Nama lainnya adalah etimologi.
4. Leksikologi komparatif, mempelajari kosa kata dua atau lebih bahasa, menyoroti dalam kesamaan
dan bebagai fitur dalam struktur dan semantik.
5. Leksikologi terapan adalah ilmu tentang linguodidactics, budaya berbicara serta fitur menyusun
kamus.

Leksikologi dan Leksikografi
Leksikologi dan leksikografi merupakan dua istilah yang hampir sama sehingga sulit untuk membedakannya dengan jelas. Menurut etimologi atau asal usulnya, kedua istilah itu berasal dari kata Yunani lexicon yang berarti ‘ucapan, berbicara atau kata’. Keduanya mempunyai pokok bahasan yang sama, yaitu “kata” atau lebih tepat “leksikon”. Menurut Kridalaksana (1984:114) leksikon adalah komponen bahasa yang memuat semua informasi tentang makna dan pemakaian kata dalam suatu bahasa. Di samping itu, leksikon merupakan kekayaan kata yang dimiliki seorang pembicara, penulis, atau suatu bahasa, kosa kata, pembendaharaan kata. Demikian juga, leksikon adalah daftar kata yang disusun seperti kamus, tetapi dengan penjelasan yang singkat dan praktis.
Leksikologi ialah nama yang diberikan kepada bidang studi di dalam ilmu bahsa teoritis (theoretical linguistics) sedangkan leksikografi merupakan ilmu bahasa terapan (applied linguistics). Jadi, leksikologi ialah bidang ilmu bahasa yang mempelajari atau menyelidiki kosa kata yang menjadi landasan tertulis bagi leksikografi, ilmu tentang cara menyusun kamus (Doroszewaki, 1973:33). Dengan kata lain leksikologi adalah cabang linguistic yang membicarakan atau menyelidiki makna kata. Selanjutnya seluk beluk makna kata tersebut sebagai dasar penyusunan kamus.
Leksikologi termasuk bidang ilmu bahasa interdisipliner karena untuk leksikologi diperlukan ilmu-ilmu lain sebagai penunjang, seperti; filsafat, antropologi, kesastraan, fonologi, morfologi, sintaksis, etimologi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post