Faktor Penyebab Kesulitan Belajar


 

Faktor Penyebab Munculnya Kesulitan belajar

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesulitan belajar pada anak, diantaranya adalah :
a) Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor yang timbul dari dalam diri peserta didik itu sendiri, baik fisik maupun mental. Seperti kesehatan, rasa aman, kemampuan, minat dan lain sebagainya. Aspek-aspek tersebut sangat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar seseorang. Faktor internal meliputi :
1) Faktor Jasmaniah meliputi, faktor kesehatan dan cacat tubuh.
2) Faktor Psikologis:
a) Intelegensi
Intelegensi berasal dari kata intelligere yang berarti mengorganisasikan, menghubungkan, atau menyatukan satu dengan yang lain. Intelegensi adalah salah satu factor penting yang ikut menentukan berhasil tidaknya pesrta didik.
b) Perhatian
Seorang guru harus menyajikan materi pemblajaran yang menarik pehatian peserta didik. Jika pembelajarannya kurang menarik, maka timbullah rasa bosan, malas, dan akhirnya prestasi belajar peserta didik menurun.
c) Minat
Minat diekspresikan melalui pernyataan yang menunjukkan bahwa eserta didik lebih menyukai sesuatu kemudian dimanifestasikan mlalui partisipasi dalam suatuaktivitas.
d) Motivasi
Motivasi adalah keinginan atau dorongan untuk belajar.16 Motivasi dapat menentukan baik tidaknya dalam mencapai proses belajarnya.Proses pembelajaran dapat berhasil jika taraf pertumbuhan pribadi telah memungkinkan potensi-potensi jasmani atau rohaninya matang.

b) Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah factor yang datang dari luar diri seseorang yang berasal dari lingkungan mereka. Lingkungan meliputi kondisi-kondisi dunia dengan cara-cara tertentu  mempengaruhi tingkah laku dan perkembangan. Lingkungan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap belajar peserta didik di sekolah. Factor eksternal dibagi 3 yaitu factor keluarga, sekolah, dan masyarakat.
1) Faktor keluarga
Keluarga merupakan pusat pendidikan yang utama dan pertama. Karena dilingkungan keluargalah anak pertama-tama memperoleh kesempatan untuk belajar dan menghayati pertemuan-pertemuan dengan sesame manusia. Hal yang berkaitan dengan factor ini adalah cara orang tua mendidik, hubungan antara anggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi dan latar belakang kebudayaan.
2) Faktor sekolah
Lingkungan sekolah adalah lingkungsn kedua setelah lungkungan keluarga. Dalam lingkungan sekolah terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi balajar peserta didik diantaranya, pemilihan metode mengajar yang tepat, kurikulum, hubungan yang harmonis antara guru dan peserta didik, alat pendidikan, kondisi gedung dan lain sebagainya yang ikut mempengaruhi proses belajar peserta didik.
3) Faktor Masyarakat
Jika keluarga adalah komunitas masyarakat terkecil, maka masyarakat adalah komunitas masyarakat dalam kehidupan sosial yang terbesar. Lingkunga masyarakat member pengaruh terhadap siswa karena keberadaannya dalam lingkungan ini. Factor-faktornya antara lain, aktivitas dalam masyarakat, mass media, teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post