Peranan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pengembangan Kebudayaan Nasional, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi



            Pengertian bahasa menurut Gorys Keraf (2004) adalah alat komunikasi yang digunakan oleh anggota masyarakat baik berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh ucap manusia. Ketika manusia tersebut memutuskan berkomunikasi dengan sesamanya, maka dia akan menggunakan sebuah bahasa yang biasa digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbiter yang digunakan oleh sekelompok masyarakat untuk bekerja sama, interaksi, dan mengidentifikasikan diri. Jadi menurut saya bahasa itu merupakan sebuah alat yang digunakan manusia agar bisa berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya agar dapat saling bertukat informasi, bertukar ilmu, bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri. Setiap negara memiliki bahasanya sendiri sebagai identitas dan kebanggaan bagi setiap rakyatnya seperti halnya negara kita, negara Republik Indonesia.
            Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam bahasa di dalamnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki bahasanya masing-masing sebagai alat interaksi mereka. Oleh karena itu, Indonesia menetapkan satu bahasa untuk dijadikan sebagai alat komunikasi atau penghubung antar masyarakat daerah di Indonesia. Maka dijadikanlah bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Bagi bangsa Indonesia, bahasa Indonesia merupakan alat pemersatu suku bangsa di Republik Indonesia yang beraneka ragam. Setiap suku bangsa sangat menjunjung nilai adat dan bahasa daerahnya masing-masing, maka disatukan dan disamakan derajatnya dalam sebuah bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia.
            Semenjak dijadikan sebagai bahasa nasional dan bahasa negara, bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahasa Indonesia mampu mengemban fungsinya sebagai sarana komunikasi modern dalam penyelenggaraan pemerintahan, pendidikan, pengembangan ilmu, teknologi, dan seni. Dalam bab XV, pasal 36 UUD 1945, bahasa Indonesia juga berkedudukan sebagai bahasa budaya dan bahasa ilmu, disamping sebagai bahasa negara dan bahasa resmi.
Dalam hubungannya sebagai bahasa budaya, bahasa Indonesia merupakan satu-satunya alat yang memungkinkan pembinaan dan pengembangan kebudayaan nasional karena bahasa Indonesia memiliki ciri-ciri dan identitasnya yang membedakannya dengan kebudayaan daerah. Saat ini, bahasa Indonesia digunakan sebagai alat untuk menyatakan kedudukannya sebagai bahasa budaya.
            Ilmu dan bahasa merupakan hal yang saling berkaitan. Bahasa sangat penting dalam upaya pengembangan dan penyebarluasan ilmu. Setiap penelitian ilmiah tidak akan terlaksana tanpa digunakannya bahasa sebagai media komunikasi. Aktivitas yang diarahkan untuk memahami, mengeksplorasi, mendiskusikan konsep-konsep ilmu tidak dapat terselenggarakan tanpa melibatkan bahasa sebagai sarana.
Dalam kedudukannya sebagai ilmu, bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa pendukung ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) untuk kepentingan pembangunan nasional. Penyebaran IPTEK dan pemanfaatan di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan negara dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia.
Dengan menggunakan wujud bahasa, manusia saling berkomunikasi satu sama lain sehingga dapat saling berbagi pengalaman dan berbagi ilmu satu sama lain. Penulisan dan penerjemahan buku-buku teks serta penyajian pelajaran atau perkuliahan di lembaga-lembaga pendidikan untuk masyarakat umum dilakukan dengan bahasa Indonesia.
Dengan bahasa, segala ilmu pengetahuan yang ditemukan manusia dapat disebarluaskan kemanapun di penjuru dunia sehingga dapat membantu negara dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi antar daerah maupun antar negara. Dengan demikian, masyarakat Indonesia tidak lagi bergantung sepenuhnya kepada bahasa-bahasa asing (bahasa sumber) dalam upaya mengikuti perkembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Bahasa Indonesia juga dipakai sebagai alat untuk menyampaikan ilmu pengetahuan kepada berbagai kalangan dan tingkat pendidikan. Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa pengantar didalam semua jenjang pendidikan, baik dari SD, SMP, SMA hingga ke Perguruan Tinggi. Hanya saja untuk kepraktisan beberapa lembaga pendidikan rendah, anak didiknya hanya menguasai bahasa ibunya (bahasa daerah). Maka materi pelajaran yang berbentuk media cetak hendaknya menggunakan bahasa Indonesia sebagai konsekuensi pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di dunia lembaga pendidikan. Akhirnya sebagai fungsi pengembangan kebudayaan nasional, ilmu dan teknologi, bahasa Indonesia banyak sekali manfaatnya.
Dengan kebudayaan nasional yang sangat beragam, rasanya tidaklah mungkin dapat disebarluaskan dan dinikmati masyarakat Indonesia dengan bahasa lain selain bahasa Indonesia agar jangkauan pemakaiannya lebih luas, penyebaran ilmu dan teknologi, baik melalui buku-buku pelajaran, majalah-majalah ilmiah, jurnal, maupun media cetak lain hendaknya menggunakan bahasa Indonesia. Dengan demikian, bahasa Indonesia memiliki peran penting sebagai bahasa pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Utami Dewi R (1806386)

1 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Recent Post