Dari hasil observasi yang kami
lakukan ke SDN S*****k Indah, menunjukkan bahwa kurikulum yang dilaksanakan
di sekolah tersebut adalah kurikulum 2013.
Mengajar siswa kelas 1 sekolah
dasar memerlukan pengembangan metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat
pemahaman siswa. Karena kelas ini tergolong dalam kelas rendah maka harus
hati-hati memilih metode yang tepat agar materi mudah tersampaikan pada peserta
didik. Guru harus menggunakan metode yang ceria dan menyenangkan untuk mengajar
siswa di kelas ini.
Pembelajaran di kelas juga
dilakukan dalam suasana yang bersih, nyaman, memberikan perlengkapan dan ruang
yang cukup bagi setiap siswa, serta mendukung mereka dalam melaksanakan tugas,
baik secara individu maupun kelompok. Hal ini dapat memberikan kenyamanan siswa
dalam belajar dan mengembangkan pembelajaran yang aktif sehingga dapat
meningkatkan keterlibatan siswa dan terjadi hubungan timbal balik antara siswa
dan guru. Selain itu, tempat duduk diatur sedemikian rupa agar murid merasa
nyaman saat pembelajaran, yaitu dengan melingkar perkelompok.
Guru selalu memikirkan strategi
yang tepat dan menyenangkan agar materi tersampaikan dengan jelas. Di samping
itu juga guru melakukan perubahan metode pengajaran supaya siswa tidak merasa
jenuh. Metode yang digunakan antara lain: metode cerita/dongeng, metode
permainan, metode diskusi, dan metode tanya jawab.
Di bawah ini adalah cara yang
dilakukan guru dalam proses pembelajaran
1. Cara seorang guru dalam membuka pembelajaran
Guru membuka
pelajaran dengan cara menyapa para siswa seperti “Bagaimana kabar anak-anak
hari ini?” kemudian guru melanjutkan dengan mempersiapkan siswa untuk berdoa
sebelum memulai pembelajaran. Lalu pembelajaran dimulai dengan mengulang
kembali pelajaran hari kemarin atau minggu lalu dengan cara memberikan beberapa
pertanyaan kepada siswa tentang pelajaran tersebut.
2. Cara seorang guru dalam menjelaskan pembelajaran
Dalam melakukan
pengajaran pada siswa kelas 1 sekolah dasar, seorang guru harus bersuara
lantang dan berwajah ceria sehinga siswa mau menyimak dan memperhatikan apa
yang diajarkan gurunya.
Guru melakukan
pengujian terhadap siswa dengan cara menyuruh siswa menyelesaikan soal yang ada
di papan tulis.
3. Cara seorang guru menggunakan metode
Guru menggunakan
metode bercerita, belajar, dan eksperimen. Dalam proses pembelajaran, tiap 1x10
menit guru akan menyelingi pembelajaran dengan permainan atau dongeng sehingga
murid bisa tetap terus fokus dan tidak merasa jenuh.
4. Cara seorang guru menggunakan media
Dalam proses
belajar mengajar, guru menggunakan media papan tulis, buku, infokus, spidol,
kapur tulis, dan karya kerajinan yang dibuat siswa itu sendiri.
5. Cara seorang guru dalam memberikan evaluasi
Setelah
pembelajaran selesai, guru akan memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan
di rumah.
Hasil wawancara dengan guru kelas
1 di SDN Sukamenak Indah 1
1. Fasilitas di sekolah ini sudah memenuhi
kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran, hanya saja masih kurang dalam hal
kemampuan siswa disini dibanding siswa yang ada di kota, kemampuan siswa di
sini masih belum sama rata, masih ada siswa yang cara membacanya masih
terbata-bata sehingga menghambat proses pembelajaran dengan fasilitas yang
tersedia. Maka solusi yang dilakukan adalah dengan menyamaratakan dulu
kemampuan siswa sehingga semuanya bisa belajar dengan menggunakan fasilitas
yang tersedia.
2. Cara mengatasi siswa yang tidak memperhatikan
saat guru sedang mengajar adalah dengan cara didekati dahulu kemudian ditanya
apa masalahnya, apakah tidak kelihatan atau tidak kedengaran, setelah itu guru harus memperbaiki
kesalahannya, namun jika masalahnya karena siswa bosan, yang guru harus lakukan
agar para siswa memperhatikan adalah dengan cara mengubah pembelajarannya
menjadi menyenangkan seperti disisipi dengan dongeng yang menarik, mengerjakan
puzzle, ataupun dengan sambil bernyanyi.
3. Cara menghadapi siswa yang nakal dan tidak mau
taat pada aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah ini adalah dengan cara
guru memberi nasehat, kemudian bercerita atau mendongeng yang berhubungan
dengan ketaatan pada peraturan sehingga para siswa bisa menyimak dan meniru
dari dongeng tersebut. Seorang guru yang mengajar di kelas 1 ini harus memiliki
kesabaran hati yang luas, tidak boleh menunjukkan kemarahannya pada peserta
didik karena itu akan menyebabkan siswa merasa takut dan terancam sehingga
mereka tidak mau melanjutkan pembelajaran.
4. Cara mengatasi kelemahan beberapa siswa yang
kurang memahami pelajaran yang diajarkan adalah dengan diadakannya lagi
pengulangan pembelajaran dan juga belajar tambahan di luar pembelajaran dengan
dibimbing oleh gurunya secara langsung satu persatu, ataupun siswa tersebut
akan diberi tugas tambahan agar di rumah mereka bisa mempelajari lagi
kekurangan tersebut.
5. Di sekolah
ini disediakan wadah untuk siswa mengembangkan minat dan bakatnya di luar
proses pembelajaran seperti pengembangan seni Qasidah, Rebana, LH, dan O2SN.
6. Cara agar para siswa tidak merasa dibeda-bedakan
dalam hal perlakuan gurunya terhadap mereka karena biasanya di dalam kelas
pasti akan selalu ada siswa yang dianak emaskan oleh gurunya karena dia pintar
adalah dengan diperlakukan semuanya dengan sama rata, hanya saja siswa pintar
biasanya guru jadikan contoh pada siswa yang lain agar mereka bisa mencontoh
dan tersemangati oleh temannya yang lebih pintar.
7. Cara mengatasi siswa yang pendiam dan sulit
bersosialisasi dengan teman-temannya yang lain adalah dengan cara guru meminta
teman-temannya siswa tersebut agar merangkulnya atau mengajaknya bermain
bersama-sama sehingga siswa tersebut tidak merasa minder dan mau bercerita pada
teman-temannya.
8. Di sekolah ini pembelajarannya sudah ditunjang
oleh teknologi hanya saja untuk kelas 1, para siswa lebih senang dengan cerita atau
dongeng daripada IT itu sendiri karena mereka lebih cepat bosan.
Dalam hal
menambah keefektifan pembelajaran, memang IT memudahkan proses pembelajaran
siswa hanya saja disamping itu IT juga membuat siswa kurang fokus pada
pembelajaran karena terpaku pada teknologi tersebut.
9. Metode guru dalam mengajar agar siswa senang
pada apa yang diajarkan adalah dengan menggunakan multimetoda yang ceria dan
menyenangkan, antara lain dengan kasih sayang sehingga siswa tidak merasa takut
pada guru dan juga dengan keterbukaan sehingga guru bisa tau apa saja
kekurangan dan kelemahan siswa sehingga kedepannya bisa diperbaiki.
10. Permasalahan
yang paling sulit dalam mengajar siswa kelas 1 SD adalah melatih kefokusan
siswa, maka dari itu guru selalu menyelipkan dongeng yang menyenangkan dalam
proses pembelajaran sehingga siswa bisa fokus menyimak pada pembelajaran.
22/11/18
AJO_QQ poker
BalasHapuskami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) |
Whatshapp : +855969190856