Hasil Observasi di SD


       Dari hasil observasi yang kami lakukan ke SDN S*****k Indah, menunjukkan bahwa kurikulum yang dilaksanakan di sekolah tersebut adalah kurikulum 2013.
Mengajar siswa kelas 1 sekolah dasar memerlukan pengembangan metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa. Karena kelas ini tergolong dalam kelas rendah maka harus hati-hati memilih metode yang tepat agar materi mudah tersampaikan pada peserta didik. Guru harus menggunakan metode yang ceria dan menyenangkan untuk mengajar siswa di kelas ini.
Pembelajaran di kelas juga dilakukan dalam suasana yang bersih, nyaman, memberikan perlengkapan dan ruang yang cukup bagi setiap siswa, serta mendukung mereka dalam melaksanakan tugas, baik secara individu maupun kelompok. Hal ini dapat memberikan kenyamanan siswa dalam belajar dan mengembangkan pembelajaran yang aktif sehingga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan terjadi hubungan timbal balik antara siswa dan guru. Selain itu, tempat duduk diatur sedemikian rupa agar murid merasa nyaman saat pembelajaran, yaitu dengan melingkar perkelompok.
Guru selalu memikirkan strategi yang tepat dan menyenangkan agar materi tersampaikan dengan jelas. Di samping itu juga guru melakukan perubahan metode pengajaran supaya siswa tidak merasa jenuh. Metode yang digunakan antara lain: metode cerita/dongeng, metode permainan, metode diskusi, dan metode tanya jawab.
Di bawah ini adalah cara yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran
1. Cara seorang guru dalam membuka pembelajaran
Guru membuka pelajaran dengan cara menyapa para siswa seperti “Bagaimana kabar anak-anak hari ini?” kemudian guru melanjutkan dengan mempersiapkan siswa untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran. Lalu pembelajaran dimulai dengan mengulang kembali pelajaran hari kemarin atau minggu lalu dengan cara memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang pelajaran tersebut.
2. Cara seorang guru dalam menjelaskan pembelajaran
Dalam melakukan pengajaran pada siswa kelas 1 sekolah dasar, seorang guru harus bersuara lantang dan berwajah ceria sehinga siswa mau menyimak dan memperhatikan apa yang diajarkan gurunya.
Guru melakukan pengujian terhadap siswa dengan cara menyuruh siswa menyelesaikan soal yang ada di papan tulis.
3. Cara seorang guru menggunakan metode
Guru menggunakan metode bercerita, belajar, dan eksperimen. Dalam proses pembelajaran, tiap 1x10 menit guru akan menyelingi pembelajaran dengan permainan atau dongeng sehingga murid bisa tetap terus fokus dan tidak merasa jenuh.
4. Cara seorang guru menggunakan media
Dalam proses belajar mengajar, guru menggunakan media papan tulis, buku, infokus, spidol, kapur tulis, dan karya kerajinan yang dibuat siswa itu sendiri.
5. Cara seorang guru dalam memberikan evaluasi
Setelah pembelajaran selesai, guru akan memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah.

Hasil wawancara dengan guru kelas 1 di SDN Sukamenak Indah 1
1. Fasilitas di sekolah ini sudah memenuhi kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran, hanya saja masih kurang dalam hal kemampuan siswa disini dibanding siswa yang ada di kota, kemampuan siswa di sini masih belum sama rata, masih ada siswa yang cara membacanya masih terbata-bata sehingga menghambat proses pembelajaran dengan fasilitas yang tersedia. Maka solusi yang dilakukan adalah dengan menyamaratakan dulu kemampuan siswa sehingga semuanya bisa belajar dengan menggunakan fasilitas yang tersedia.
2. Cara mengatasi siswa yang tidak memperhatikan saat guru sedang mengajar adalah dengan cara didekati dahulu kemudian ditanya apa masalahnya, apakah tidak kelihatan atau tidak kedengaran,  setelah itu guru harus memperbaiki kesalahannya, namun jika masalahnya karena siswa bosan, yang guru harus lakukan agar para siswa memperhatikan adalah dengan cara mengubah pembelajarannya menjadi menyenangkan seperti disisipi dengan dongeng yang menarik, mengerjakan puzzle, ataupun dengan sambil bernyanyi.
3. Cara menghadapi siswa yang nakal dan tidak mau taat pada aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah ini adalah dengan cara guru memberi nasehat, kemudian bercerita atau mendongeng yang berhubungan dengan ketaatan pada peraturan sehingga para siswa bisa menyimak dan meniru dari dongeng tersebut. Seorang guru yang mengajar di kelas 1 ini harus memiliki kesabaran hati yang luas, tidak boleh menunjukkan kemarahannya pada peserta didik karena itu akan menyebabkan siswa merasa takut dan terancam sehingga mereka tidak mau melanjutkan pembelajaran.
4. Cara mengatasi kelemahan beberapa siswa yang kurang memahami pelajaran yang diajarkan adalah dengan diadakannya lagi pengulangan pembelajaran dan juga belajar tambahan di luar pembelajaran dengan dibimbing oleh gurunya secara langsung satu persatu, ataupun siswa tersebut akan diberi tugas tambahan agar di rumah mereka bisa mempelajari lagi kekurangan tersebut.
5. Di  sekolah ini disediakan wadah untuk siswa mengembangkan minat dan bakatnya di luar proses pembelajaran seperti pengembangan seni Qasidah, Rebana, LH, dan O2SN.
6. Cara agar para siswa tidak merasa dibeda-bedakan dalam hal perlakuan gurunya terhadap mereka karena biasanya di dalam kelas pasti akan selalu ada siswa yang dianak emaskan oleh gurunya karena dia pintar adalah dengan diperlakukan semuanya dengan sama rata, hanya saja siswa pintar biasanya guru jadikan contoh pada siswa yang lain agar mereka bisa mencontoh dan tersemangati oleh temannya yang lebih pintar.
7. Cara mengatasi siswa yang pendiam dan sulit bersosialisasi dengan teman-temannya yang lain adalah dengan cara guru meminta teman-temannya siswa tersebut agar merangkulnya atau mengajaknya bermain bersama-sama sehingga siswa tersebut tidak merasa minder dan mau bercerita pada teman-temannya.
8. Di sekolah ini pembelajarannya sudah ditunjang oleh teknologi hanya saja untuk kelas 1, para siswa lebih senang dengan cerita atau dongeng daripada IT itu sendiri karena mereka lebih cepat bosan.
Dalam hal menambah keefektifan pembelajaran, memang IT memudahkan proses pembelajaran siswa hanya saja disamping itu IT juga membuat siswa kurang fokus pada pembelajaran karena terpaku pada teknologi tersebut.
9. Metode guru dalam mengajar agar siswa senang pada apa yang diajarkan adalah dengan menggunakan multimetoda yang ceria dan menyenangkan, antara lain dengan kasih sayang sehingga siswa tidak merasa takut pada guru dan juga dengan keterbukaan sehingga guru bisa tau apa saja kekurangan dan kelemahan siswa sehingga kedepannya bisa diperbaiki.
10. Permasalahan yang paling sulit dalam mengajar siswa kelas 1 SD adalah melatih kefokusan siswa, maka dari itu guru selalu menyelipkan dongeng yang menyenangkan dalam proses pembelajaran sehingga siswa bisa fokus menyimak pada pembelajaran.

22/11/18


1 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Recent Post