Aksi Nyata Topik 1 - Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya - Utami Dewi R

Utami Dewi Rahmasari
039223378
GK-B PPG Prajabatan Universitas Pakuan

01.02.3-T1-8 Aksi Nyata

Setelah memahami beragam konsep dan melakukan pengamatan langsung tentang penerapan konsep-konsep tersebut, silakan menuliskan refleksi berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan. Gunakanlah pertanyaan-pertanyaan berikut sebagai panduan.

1. Menurut Anda, apakah proses pembelajaran di kelas sudah sesuai dengan tahapan
perkembangan peserta didik? Elaborasi jawaban Anda dengan menceritakan hasil pengamatan
yang telah dilakukan.
Jawab:
Menurut saya, proses pembelajaran di kelas yang saya amati sudah sesuai dengan perkembangan
peserta didik, dimana metode pembelajarannya sudah disesuaikan dengan perkembangan fisik,
kognitif, dan sosial-emosional peserta didik. Dimana guru menggunakan media yang kongkret
pada kelas 1 sesuai dengan tahapan perkembangannya pada tahap operasional kongkrit.

2. Menurut Anda, apakah proses pembelajaran di kelas sudah sesuai dengan kesiapan peserta didik?
Elaborasi jawaban Anda dengan menceritakan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
Jawab:
Menurut saya, berdasarkan proses pembelajaran pada kelas yang saya amati sudah sesuai dengan
kesiapan peserta didik contohnya seperti disesuaikan dengan gaya belajar siswa. Dimana guru
telah mempersiapkan pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing
peserta didik yang kemudian dibuat kelompok belajar sesuai gaya belajar, seperti kelompok
belajar dengan daya belajar visual, auditif, dan kinestetik. Guru menampaikan materi dengan
pembawaan yang ceria dan mudah dipahami sehingga memberikan motivasi kepada peserta didik
dalam mengikuti pembelajaran hingga akhir dan suasana kelasnya pun menjadi interaktif.

3. Menurut Anda, apakah proses pembelajaran di kelas sudah sesuai dengan latar belakang peserta
didik? Elaborasi jawaban Anda dengan menceritakanhasil pengamatan yang telah dilakukan.
Jawab:
Menurut saya, berdasarkan pengamatan yang saya lakukan di kelas, proses pembelajaran sudah
sesuai dengan latar belakang peserta didik. Dimana penyampaian materi dari guru benar-benar
dilakukan secara kontekstual dengan latar belakang dan lingkungan masyarakat peserta didik.
Guru menyesuaikan proses pembelajaran berdasarkan latar belakang para peserta didik agar
proses pembelajaran dapat sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post