Pendidikan Seni dalam Tujuan Pendidikan Nasional


      Pendidikan seni adalah cara untuk membentuk sikap dan kepribadian anak agar mempunyai fungsi-fungsi jiwa yang meliputi fantasi, sensitivitas, kreativitas dan ekspresi. Seorang anak bisa berfantasi terhadap hasil karyanya, dengan menuangkan ide gagasannya kedalam hasil karya sehingga menjadikan anak memiliki sensitivitas, kreativitas, dan mampu mengekspresikan hasil karya seninya dengan baik. Pendidikan seni bisa menjadikan otak kanan dan otak kiri berkembang secara baik. Pendidikan seni haruslah dipupuk sejak dini agar berkembang secara optimal.
Sedangkan tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan, membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang  beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Untuk mengemban fungsi tersebut, pemerintah menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lamp. Permendiknas No.22 Tahun 2006: 1). Untuk mengimplementasikan konsep pendidikan nasional pada satuan pendidikan, perlu ditanamkan nilai-nilai kehidupan dan kesenian agar kehidupannya kelak lebih bermakna.

     Melalui seni, siswa diajak mengembangkan jiwa kreatifitas, kepekaan indrawi serta mampu berkreasi seni dalam lingkungan dan kondisi yang terarah, sebagai bekal siswa pada saat berperan langsung dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu seni juga bisa menumbuhkan sikap toleransi, demokrasi, dan beradab, serta mampu hidup rukun dalam masyarakat majemuk, mengembangkan kemampuan imajinatif intelektual, ekspresi melalui seni, mengembangkan kepekaan rasa, ketrampilan, serta mampu menerapkan teknologi dalam berkreasi dan memamerkan karya seni.

        Seni dalam Dunia Pendidikan memiliki peran yang penting untuk menunjang perkembangannya. Banyak hal yang dapat diperoleh oleh siswa dengan belajar seni, yaitu sebagai berikut : 1. Memberikan fasilitas yang sebesar-besarnya kepada siswa untuk mengekspresikan gagasannya. 2. Melatih imajinasi anak. 3. Memberikan pengalaman estetik dan mampu memberi umpan balik penilaian terhadap suatu karya seni. 4. Pembinaan sensitivitas serta rasa pada umumnya. 5. Mampu memberikan pembinaan. 6. Mengembangkan kemampuan intelektual, imajinatif, ekspresi, kepekaan kreatif, keterampilan, dan mengapresiasi terhadap hasil karya seni dan keterampilan dari berbagai wilayah Nusantara dan mancanegara. 7. Siswa memiliki pengetahuan, pengalaman dan kemauan keras untuk berkarya dan berolah seni, serta kepekaan artistik sebagai dasar berekspresi pada budaya bangsa. 8. Menumbuhkembangkan sikap profesional, kooperatif, toleransi, dan kepemimpinan. 9. Membina anak-anak untuk menjadi kreatif. 
Seni merupakan aktifitas permainan, dan melalui permainan kita dapat mendidik anak dan membina kreatifitasnya sedini mungkin. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa seni bisa digunakan sebagai alat pendidikan. Dan tak bisa dipungkiri seni selalu ada disekitar kita. 

Tujuan Pembelajaran Seni

      Berkaitan dengan tujuan pembelajaran seni, Eisner (1972) berpendapat bahwa hakekat tujuan pembelajaran seni ada dua, yakni: instructional objective dan expressive. Tujuan instruksional sama halnya dengan tujuan pengajaran, yaitu tujuan yang mengharapkan hasil belajar sesuai dengan rancangan yang telah disusun. Sedangkan tujuan ekspresi adalah tujuan agar pelajar memperoleh kesempatan dan mampu melaksanakan kegiatan seni sesuai dengan minat dan kebutuhan pribadinya. Komponen tujuan dalam kegiatan belajar diperlukan perhatian seksama terutama dari guru sebagai penentu, akan dibawa kemana arah kegiatan belajar yang dilakukan. Selain sebagai sasaran akhir, tujuan ini akan berfungsi sebagai pedoman atau kriteria kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Aspek tujuan juga akan berpengaruh terhadap komponen-komponen lain seperti materi pembelajaran dan metode pembelajaran.
Secara garis besar tujuan pembelajaran seni yaitu :
1. Seni sebagai bahasa visual
2. Seni membantu pertumbuhan mental
3. Seni membantu kegiatan belajar
4. Seni sebagai media pendidikan

1 komentar:

Recent Post