4 Kepribadian Manusia Menurut Psikologi

4 KEPRIBADIAN MANUSIA

1. Sanguinis (Si Periang)



Sanguinis (si periang) adalah tipe yang paling populer. maksudnya adalah tipe seperti ini banyak dimiliki oleh orang-orang. Tipe-tipe seperti ini biasanya adalah orang yang senang berbicara, humoris, bicaranya blak-blakan, antusias, bukan pendendam, rame (tidak menyukai sepi), dan kadang dalam bertindak tidak berfikir jauh.

Orang dengan tipe sanguinis terkenal dengan banyak omongnya. 
Dia memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta bisa mengusasai pembicaraan. Sanguinis memiliki hasrat untuk bersenang-senang yang tinggi. Mereka suka akan ketenaran, perhatian, kasih sayang, dan dukungan dari orang lain. Tipe sanguinis juga memiliki rasa optimistis yang tinggi, humoris, dan mudah bergaul. Emosi mereka cepat berubah, sesaat mereka bisa terlihat bahagia namun beberapa saat kemudian menangis bersedih. Mereka juga senang mengutarakan candaan sehingga membuat orang orang-orang di sekitarnya senang.
Pada umumnya, orang bertipe sanguinis memiliki pemikiran yang pendek, sulit berkonsentrasi dan tidak teratur. Mereka bisa stres jika hidupnya terasa tak menyenangkan karena orang sanguis takut untuk menjadi tidak populer.
Jika misalkan dalam sebuah kelompok ada orang yang banyak omong, dialah si periang ini.

Orang sanguinis itu adalah orang yang paling hiperaktif, tidak suka diam, dan hal yang
dibicarakannya itu kadang-kadang kurang penting. Kebiasaan orang sanguinis itu suka menunda-nunda pekerjaan, tidak disiplin, tidak produktif, egois dan suka membesar-besarkan masalah. Namun di sisi negatif tersebut, mereka memiliki banyak bakat yang luar biasa.
Orang dengan tipe sanguinis biasanya sangat pelupa, ada baiknya kita lebih pengertian dan tidak mudah sakit hati padanya. Jika mereka lupa menepati janji atau melupakan hal penting seperti tanggal ulang tahunmu. Kemungkinan besar, mereka tidak sengaja. Bila mereka kerap mengulangi kesalahan
 kecil yang sama, belajarlah memaafkan dan menerima mereka apa adanya, karena tidak mudah bagi mereka untuk berubah.
Berikan mereka nasihat yang tepat dan jangan mengkritik atau menjatuhkan mereka di depan umum.

KELEBIHAN si sanguinis :
* Suka bicara.
* Secara fisik memegang pendengar, emosional dan demonstratif.
* Antusias dan ekspresif.
* Ceria dan penuh rasa ingin tahu.
* Hidup di masa sekarang.
* Mudah berubah (banyak kegiatan / keinginan).
* Berhati tulus dan kekanak-kanakan.
* Senang kumpul dan berkumpul (untuk bertemu dan bicara).
* Umumnya hebat di permukaan.
* Mudah berteman dan menyukai orang lain.
* Senang dengan pujian dan ingin menjadi perhatian.
* Menyenangkan dan dicemburui orang lain.
* Mudah memaafkan (dan tidak menyimpan dendam).
* Mengambil inisiatif/ menghindar dari hal-hal atau keadaan yang membosankan.
* Menyukai hal-hal yang spontan.

KELEMAHAN si sanguinis :
* Suara dan tertawa yang keras (terlalu keras).
* Membesar-besarkan suatu hal / kejadian.
* Susah untuk diam.
* Pelupa
* Mudah ikut-ikutan atau dikendalikan oleh keadaan atau orang lain.
* Sering minta persetujuan, termasuk hal-hal yang sepele.
* RKP! (Rentang Konsentrasi Pendek).
* Dalam bekerja lebih suka bicara dan melupakan kewajiban (awalnya saja antusias).
* Mudah berubah-ubah.
* Susah datang tepat waktu jam kantor.
* Prioritas kegiatan kacau.
* Mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas.
* Sering mengambil permasalahan orang lain, menjadi seolah-olah masalahnya.
* Egoistis.
* Sering berdalih dan mengulangi cerita-cerita yg sama.
* Konsentrasi pada "How to spend money" daripada "How to earn/save money".

2. Melankolis (Si Sensitif)



Jika seseorang mempunyai sifat sensitif, romantis, dan teratur yang dominan, bisa dipastikan dia adalah sosok yang melankolis. 
Si melankolis mempunyai rasa empati yang tinggi. Saat ada teman yang tertimpa masalah, tak jarang dialah orang pertama yang merasakannya dan bersiap menjadi pendengar yang baik. 
Selain pandai berempati, melankolis juga sangat romantis dan amat puitis. Orang bertipe melankolis biasanya senang menyendiri. Terkadang dia selalu merasa terjebak dalam masa lalu dengan ratusan kisah sedih sambil meratapi nasib dan juga membesar-besarkan masalah. 
Tipe melankolis ini umumnya tertutup, jika ia ada masalah biasanya ia sangat pintar menyembunyikannya. atau ketika dia tak bisa menahannya, ia akan menceritakannya pada orang yang paling ia percaya. 
Dia juga kadang suka meremehkan diri sendiri, padahal apa yang dikerjakannya mungkin lebih bagus dari orang lain. 
Sifat lainnya dari si melankolis adalah selalu takut pada kegagalan dan idealis. Biasanya orang melankolis itu sangat menuntut kesempurnaan dan semuanya harus terlihat sempurna dan tertata rapi.
ia cenderung perfeksionis, karena mempunyai rasa seni yang tinggi, suka akan menggambar, dan bahkan cukup berbakat menjadi seniman.

Ciri-ciri melankolis yang lain yaitu penuh dengan pikiran dan senang berfikir secara mendalam. 
Dalam memutuskan sesuatu sosok melankolis akan berfikir jauh ke depan dengan banyak mempertimbangkan manfaat dan kerugian. Selain itu, melankolis merupakan sosok yang 
analitis, serius, dan idealis. Jika dia sudah berniat mengerjakan sesuatu, dia tak akan mau diganggu dan dia akan segera menyelesaikannya sebelum beban fikiran bertambah. 
Sosok melankolis memiliki manajemen waktu yang baik dan hidupnya berorientasi berdasakan jadwal yang sudah dia susun sebelumnya. Melankolis adalah tipe orang yang suka berkorban terhadap orang lain dan mempunyai rasa simpati yang tinggi terhadap sesama. dia mampu merasakan apa yang orang lain rasakan. Orang melankolis juga sangat menghargai estetika/keindahan, dia sangat menyukai musik, filosofis, dan juga puitis. 
Namun, di samping itu melankolis mempunyai sisi yang kurang baik yaitu ia pemurung, kurang bersosialisasi, suka berfikiran negatif, dan pendendam.
Mereka tipe yang menghargai janji dan waktu, jadi jangan lupakan janjimu kepada mereka, apalagi bila kita pelupa. Mintalah tolong kepada mereka agar mengingatkan kita, karena mereka pasti senang bila dapat menolong Anda. Jaga kepercayaan mereka dengan baik dan jangan kecewakan mereka. Karena kebanyakan dari mereka adalah orang yang tidak percaya diri, sering-seringlah menyemangati mereka. Jangan menertawakan jika mereka gagal, melainkan berilah saran membangun.

KELEBIHAN si melankolis :
* Analitis, mendalam, dan penuh pikiran.
* Serius dan bertujuan, serta berorientasi pada jadwal.
* Artistik, musikal dan kreatif (filsafat & puitis).
* Sensitif.
* Mau mengorbankan diri dan idealis.
* Standar tinggi dan perfeksionis.
* Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi).
* Hemat.
* Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif).
* Kalau sudah mulai, dituntaskan.
* Berteman dengan hati-hati.
* Puas di belakang layar, menghindari perhatian.
* Mau mendengar keluhan, setia dalam mengabdi.
* Sangat memperhatikan orang lain.

KELEMAHAN si melankolis :
* Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan).
* Mengingat yang negatif & pendendam.
* Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah.
* Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan.
* Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah.
* Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan.
* Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan.
* Hidup berdasarkan definisi.
* Sulit bersosialisasi.
* Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yang menentang dirinya.
* Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang).
* Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian).
* Memerlukan persetujuan.

3. Koleris (Si Kuat)



Tipe koleris biasanya dimiliki oleh seorang pemimpin. 
Mereka yang bertipe ini biasanya suka mengatur dan memerintah orang lain. Dia tidak mau ada orang yang berdiam diri saja sementara dia sibuk bekerja atau beraktivitas. 
Orang koleris suka akan tantangan dan petualangan. Berkat sifatnya yang tegas, pantang menyerang dan pantang mengalah, tak heran banyak dari usahanya yang sukses.
Sayangnya, mereka adalah orang yang tidak sabaran. Segalanya harus cepat karena memang produktivitas mereka tinggi. Mereka juga gampang sekali marah, dan suka berperilaku kasar. Mereka juga suka akan kontoversi dan pertengkaran, bertolak belakang dengan dengan si plegmatis yang cinta damai. 

Sifat mereka juga kurang simpatik dengan sesama dan suka memanipulasi atau memperalat orang lain. Jika melakukan kesalahan, mereka sangat susah untuk meminta maaf. Tipe koleris sedikit mirip dengan sanguinis, mereka gampang bergaul dan optimistis. Selain itu, mereka juga bisa berkomunikasi dengan baik dan terbuka dengan orang lain. 

Koleris mempunyai ciri-ciri dinamis, aktif, berbakat jadi pemimpin, suka dengan perubahan yang baik, senang berkembang, mempunyai kemauan yang tegas, menebarkan kepercayaan diri yang kuat, selalu benar, unggul dalam keadaan darurat dan terus menerus memperbaiki kesalahannya. 
Di sisi lain, sosok koleris itu dingin, cuek, merasa tidak terlalu butuh teman, cepat puas diri, mudah bangga, ceroboh, merasa dominan, suka memaafkan, pemarah dan kejam karena sosok koleris itu mudah marah dan memiliki semangat yang tinggi dan berkobar-kobar seperti api.

Orang koleris cenderung tidak peka jadi jangan menuntut mereka berlebihan. Sifat mereka yang terkadang egois juga membuat mereka cenderung lebih memikirkan diri sendiri. Anda perlu bersabar menghadapi mereka. Mereka lebih suka bila Anda berbicara langsung tanpa bertele-tele. 
Mereka juga bisa dibilang bukanlah tipe pendengar yang baik, oleh karena itu bersabar pula bila mereka sering tidak betah mendengarkan curhat Anda. Pilihlah waktu yang tepat untuk bercerita dan perhatikan suasana hati mereka.

KELEBIHAN si koleris:
* Senang memimpin, membuat keputusan, dinamis dan aktif.
* Sangat memerlukan perubahan dan harus mengoreksi kesalahan.
* Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran/ target.
* Bebas dan mandiri.
* Berani menghadapi tantangan dan masalah.
* "Hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini".
* Mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat.
* Mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus pada produktivitas.
* Membuat dan menentukan tujuan.
* Terdorong oleh tantangan dan tantangan.
* Tidak begitu butuh teman.
* Mau memimpin dan mengorganisasi.
* Biasanya benar dan punya visi ke depan.
* Unggul dalam keadaan darurat.

KELEMAHAN si koleris:
* Tidak sabar dan cepat marah (kasar dan tidak taktis).
* Senang memerintah.
* Terlalu bergairah dan tidak/susah untuk santai.
* Menyukai kontroversi dan pertengkaran.
* Terlalu kaku dan kuat/keras.
* Tidak menyukai air mata dan emosi tidak simpatik.
* Tidak suka yang sepele dan bertele-tele/terlalu rinci.
* Sering membuat keputusan tergesa-gesa.
* Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain.
* Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan.
* Workaholics (kerja adalah "tuhan"-nya).
* Amat sulit mengaku salah dan meminta maaf.
* Mungkin selalu benar tetapi tidak populer.

4. Plegmatis (Si Cuek)



Sosok plegmatis umumnya akan menghindari konflik karena bagi mereka perdamaian diutamakan. Mereka juga berhati baik, tenang, rendah hati, penyabar, dan terlihat sangat kalem. Banyak orang bertipe plegmatis yang mempunyai rasa humor tinggi dan menyenangkan untuk diajak bergaul. Si plegmatis merupakan tipe pendengar, dia sangat senang mendengarkan orang berbicara. 
Orang plegmatis itu suka pada hal-hal sederhana. 
Dia tidak mau melibatkan diri dalam konflik, bahkan konflik dalam dirinya sendiri. Bagi mereka, kalau ada yang mudah mengapa dipersulit? Namun, mereka suka menunda-nunda dalam mengambil 
keputusan. 
Sifat tidak bersemangat dan malasnya juga terkadang keterlaluan. sosok ini orangnya terlalu tenang, damai, meskipun banyak tugas tapi dia tetap masih bisa merasakan tentram dan enjoy menjalani itu semua. Orang tipe plegmatis itu pandai menyembunyikan emosi karena saking tenang dan hebatnya dia bersikap cuek. meskipun santai, sosok plegmatis ini adalah orang yang cerdas, mudah bergaul, dan penenang masalah. 

Plegmatis merupakan tipe orang yang konsisten, perhatian, dan senang mengawasi/memperhatikan orang. Di balik itu tipe plegmatis ini mempunya sisi negatif yang lain, yaitu egois, kikir, tidak punya motivasi, tidak tegas, cari aman sendiri, dan cepat khawatir. 
Mereka cenderung tertutup, jadi jangan pernah memaksa mereka untuk bercerita kepada Anda. Jika mereka sudah merasa nyaman, mereka pasti akan bercerita. Jangan mudah emosional melihat gaya mereka yang santai dan cenderung lamban, karena itulah mereka apa adanya. Berhubung mereka tipe orang yang cinta damai, jangan buat mereka berada dalam suatu keributan, karena hal ini membuat mereka tidak nyaman. Jika ada hal yang tidak disukai, lebih baik dibicarakan baik-baik, tidak perlu marah-marah di depan mereka. Apalagi mereka tipe orang yang menghargai persahabatan.

KEKUATAN si plegmatis :
* Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh.
* Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik.
* Tidak banyak bicara, tetapi cenderung bijaksana.
* Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi).
* Kuat di bidang administrasi, dan cenderung ingin segalanya terorganisasi.
* Penengah masalah yang baik.
* Cenderung berusaha menemukan cara termudah.
* Baik di bawah tekanan.
* Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan.
* Memiliki humor yang tinggi.
* Senang melihat dan mengawasi.
* Berbelaskasihan dan peduli.
* Mudah diajak rukun dan damai.

KELEMAHAN si plegmatis :
* Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/ kegiatan baru.
* Takut dan khawatir.
* Menghindari konflik dan tanggung jawab.
* Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar).
* Terlalu pemalu dan pendiam.
* Humor kering dan mengejek (Sarkatis).
* Kurang berorientasi pada tujuan.
* Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri.
* Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat.
* Tidak senang didesak-desak.
* Menunda-nunda / menggantungkan masalah.

Source : FB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post